DAFTAR ISI

DATA & FAKTA: Jejaring Sosial Liga Primer Inggris Tumbuh Pesat

Sunday, December 25, 2011

Share this history on :

Share/Bookmark
Sepakbola mengalami titik terendah dan tertinggi di dunia media sosial tahun ini. Mulai dari akun pemain yang dicuri, larangan manajer klub bagi para pemain hingga tweet 'sensitif' yang berujung sanksi.

Meski demikian, kita juga menyaksikan Manchester United sukses meraih jumlah penggemar lebih dar 20 juta di facebook sementara angka fans tim kaya raya Manchester City terus meningkat akibat kampanye yang mereka lakukan termasuk memasang tweet dari penggemar secara langsung di Etihad Stadium.

Dengan semakin hebohnya klub dan pemain menggunakan sosial media. Digital Agency yang bermarkas di Inggris, Freestyle Interctive mengeluarkan infographics untuk bulan Desember yang memperlihatkan geliat klub-klub Liga Primer Inggris di dunia maya khususnya media sosial.

Berikut tabel perkembangan tim Liga Primer Inggris di situs jejaring sosial:

TWITTER   FACEBOOK
No Klub Follower             No Klub Follower
1 Arsenal 1.051.063   1 Manchester United 20.635.545
2 Liverpool 576.077   2 Arsenal 8.128.446
3 Chelsea 493.382   3 Chelsea 7.854.059
4 Manchester City 160.823   4 Liverpool 7.577.018
5 Tottenham Hotspur 109.213   5 Manchester City 1.390.067
6 Newcastle United 36.742   6 Tottenham Hotspur 877.960
7 Aston Villa 30.650   7 Aston Villa 318.192
8 Everton 28.943   8 Newcastle United 209.379
9 Sunderland 27.243   9 Everton 191.889
10 Fulham 26.307   10 Fulham 54.361
11 Norwich City 20.663   11 Stoke City 38.568
12 Wolves 19.095   12 QPR 35.246
13 QPR 16.823   13 Sunderland 33.626
14 Stoke City 16.146   14 Blackburn 27.313
15 Bolton 11.792   15 Wolves 24.792
16 Blackburn 9.941   16 Swansea City 24.166
17 Wigan 7.075   17 Norwich City 13.839
18 West Brom 5.295   18 West Brom 11.080
19 Manchester United 0   19 Bolton 9.610
20 Swansea 0   20 Wigan 5.281


Klub dengan perkembangan jejaring sosial paling pesat di bulan Desember:
TWITTER            FACEBOOK
West Brom 20%   Manchester City 10%
+881   +127.611     


KLUB PALING AKTIF DI TWITTER:

1. Wolves (2.589)
2. Manchester City (2.070)
3. West Brom (244)

SKOR KLOUT:
Kenaikan tertinggi: Sunderland (63) +5
Penurunan terbesar: West Brom (44) -1

TERBAIK BULAN INI - Manchester City

Inovasi terbaik Media Sosial dari Liga Primer bulan ini datang berkat kreatifitas mancunian. Pada laga melawan Norwich, manajemen The Citizens mengumumkan fans bisa berkicau dengan hastag #BlueView dan tweet mereka akan ditayangkan langsung di layar seluruh penjuru Etihad Stadium (tentunya setelah dimoderasi dengan cepat).

Langkah jenius yang diambil City ini merupakan yang pertama di sepakbola Eropa. Sungguh sebuah langkah jitu untuk menjembatani fans online dan offline.

APAKAH PEMAIN MEMBUTUHKAN PELATIHAN MEDIA SOSIAL?
Pesepakbola dalam beberapa bulan terakhir mulai membanjiri Twitter dan petualangan mereka terbilang sangat baik. Banyak penggiat media sosial (dan fans) berkomentar; dengan Twitter, pemain bisa memberikan gambaran dari sisi lain soal kehidupan mereka.

Akan tetapi dalam rentang waktu sama, pemain seperti Darrent Bent, Jack Wilshere dan Rio Ferdinand -yang biasanya berperilaku cerdas- beberapa kali tertangkap melakukan kesalahan fatal. Tetapi apakah mereka pantas mendapat kritikan tajam? Tentunya klub memiliki kewajiban untuk memastikan para pemain mereka terdidik dalam menggunakan fasilitas di dunia maya tersebut.

Hal ini bisa dilakukan klub bersamaan dengan pelajaran bagi pemain dalam menghadapi media. Klub wajib mengikuti dan mengimbangi perkembangan teknologi terkini dengan menghadirkan sosok profesional sebagai penasihat bagi pemain sekaligus mengeluarkan kebijakan tertentu dalam penggunaan media sosial.
Sumber

BACA JUGA YANG LAIN



Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : muhammadridwan384@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...