DAFTAR ISI

Ouasim Bouy: Mampukah Pemuda Ajax Ini Bersinar Di Juventus Seperti Edgar Davids?

Monday, February 6, 2012

Share this history on :

Share/Bookmark

Ouasim Bouy - Netherlands (Getty Images)
Getty Images
Salah satu pergerakan transfer yang dilakukan Juventus pada hari penutupan bursa musim dingin lalu adalah merekrut Ouasim Bouy dari Ajax Amsterdam.

Mungkin banyak pihak baru mendengar nama Bouy ketika transfer itu secara resmi diumumkan. Tumbuh dan besar di Amsterdam, Bouy secara wajar menekuni ilmu sepakbola di akademi klub paling terkenal di kota itu, Ajax. Ajax merekrutnya dari sebuah klub amatir lokal bernama Zeeburgia, klub yang sama tempat berkembangnya pemain berbakat lain, seperti Adam Maher, Luciano Narsingh, dan Lorenzo Burnet.

Kontrak profesional pertama Bouy didapat saat berusia 16 tahun pada 2009. Bakat besar yang dimiliki langsung menjadikannya andalan tim yunior Belanda. Sebelum diboyong Juventus, Bouy menjadi kapten serta motor utama lini tengah timnas Belanda U-19. Sayangnya, bakat besar tersebut seolah belum membuatnya dipercaya Ajax untuk memulai debut di tim senior. Faktor inilah yang menjadikan Bouy menunda negosiasi kontrak baru pada 2011. Padahal, rekan seangkatan seperti Davy Klaassen dan Lesle de Sa sudah memulai jam terbang di Ajax.

PROFIL SINGKAT | Ouasim Bouy
Usia

Tanggal lahir

Posisi
Karier klub
18

18 Juni 1993

Gelandang

Zeeburgia, Ajax
Menurut pemantauan Stefan Coerts dari GOAL.com Belanda, Bouy memiliki kemampuan tak ubahnya gelandang muda yang melejit bersama PSV Eindhoven tahun lalu, Kevin Strootman. Sama-sama kidal, Bouy memiliki kemampuan melepas umpan yang istimewa serta tembakan yang keras. Tidak hanya itu, Bouy memiliki visi yang sedikit sekali dimiliki pemain seusianya. Pengambilan posisinya bagus, begitu pula dengan pengambilan waktu.

Salah satu kekurangan Bouy adalah dia tidak memiliki kecepatan. Namun, itu diyakini tidak akan menghambat pergerakan Bouy karena pemain seperti Rafael van der Vaart pun menjadi salah satu pemain dengan rekor penampilan terbanyak untuk Oranje.



Bouy | Pemain berbakat asal Amsterdam sekaligus kapten timnas Belanda U-19
Kepindahan Bouy ke Juventus juga tidak lepas dari sisi kontroversi. Wim Jonk, eks pemain Ajax yang diserahi tugas mengawasi akademi klub, menganggap keputusan Bouy keliru mengingat usianya masih sangat muda. Kompatriot Bouy seperti Eljero Elia saja kesulitan memperoleh kesempatan tampil untuk Juventus. Harapan Bouy lahir sebagai penjelmaan Edgar Davids yang baru boleh saja muncul, tetapi fans Juve harus ingat butuh waktu bagi sang pemain untuk mencapai ke sana.

Sumber

BACA JUGA YANG LAIN



Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : muhammadridwan384@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...