DAFTAR ISI

AFC Coret Persipura dari Liga Champions Asia

Saturday, December 3, 2011

Share this history on :

Share/Bookmark
Jakarta-Keputusan Persipura Jayapura mengikuti kompetisi di luar Indonesian Premier League (IPL) yang diakui PSSI berbuah pahit. Tim Mutiara Hitam harus kehilangan kesempatan berlaga di AFC Champions League (AFCCL) atau juga dikenal sebagai Liga Champions Asia (LCA). Sebagai juara Liga Indonesia musim lalu, Persipura memang berhak tampil di  AFCCL dan akan memulai perjuangan dari babak play off.
Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) mengkonfirmasi bahwa Persipura tidak akan tampil di AFCCL karena bermain di kompetisi di luar naungan PSSI. Melalui surat AFC tertanggal 2 Desember 2011 yang diterima wartawan pada 3 Desember, ditegaskan AFC memahami situasi yang terjadi. Walau demikian, AFC menjelaskan bahwa Persipura tidak akan berpartisipasi dalam kompetisi tertinggi di daratan Asia tersebut. Surat AFC yang ditandatangani Sekjen AFC Alex Soosay itu merupakan jawaban surat  PSSI yang ditujukan kepada Sekjen PSSI Tri Goestoro.
Sebelumnya, PSSI mengirimkan surat tentang  konfirmasi keikutsertaan klub Indonesia di AFCCL dan Piala AFC 2012, yakni Persipura dan Arema Indonesia sebagai runner up musim lalu. AFC memberi kesempatan Persipura bertarung melalui babak play off. Tapi peluang itu akhirnya hangus lantaran Persipura pilih bermain di kompetisi yang tidak diakui PSSI. Keikutsertaan tim asuhan Jacksen F Tiago itu ditandai dengan laga melawan Persiba Balikpakan di Stadion Mandala, Jayapura, Kamis (1/12), yang berakhir 3-3.
CEO PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) sebagai penyelenggara IPL menyayangkan hilangnya jatah tampil Persipura di kompetisi Asia. "AFC menegakkan regulasi dengan mencoret Persipura. Ini terjadi karena Persipura sudah terbukti turun di liga yang tidak diakui PSSI. Ini bukan kemauan kami," kata Widjajanto, Sabtu (4/12).
Musim 2011-2012 ini Indonesia hanya memiliki dua jatah di level Asia untuk Persipura dan Arema. Padahal sebelumnya Indonesia memperoleh tiga tiket. Penurunan ini disebabkan Indonesia mendapat rapor merah atas penilaian AFC terhadap lima aspek profesionalitas klub-klub di tanah air. Lima aspek itu adalah legalitas, keuangan, infrastruktur, personel, dan sporting.
Deputi Sekjen PSSI Bidang Kompetisi, Saleh Mukadar, sebelumnya mengungkapkan hasil penilaian AFC terhadap klub-klub Indonesia memang jauh di bawah negara-negara Asia lainnya. Indonesia mendapatkan nilai 238, sedangkan nilai negara lainnya rata-rata di atas 700.
"Nilai kita di AFC kemarin (tahun sebelumnya) tinggi karena tipu-tipu (kebohongan). AFC merasa tidak ada peningkatan yang berarti terkait lisensi klub profesional dari waktu ke waktu yang telah diberikan kepada klub Indonesia. Untuk itu, kami tetap bertekad untuk memulai kompetisi dengan kondisi yang riil saat ini agar bisa berkembang ke depannya," tegas Saleh.

BACA JUGA YANG LAIN



Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : muhammadridwan384@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...