DAFTAR ISI

Kota Penyelenggara Euro 2012: Warsawa

Tuesday, November 29, 2011

Share this history on :

Share/Bookmark


WARSAWA, POLANDIA
Populasi: 1,716,855  jiwa
(Metro: 2,631,902)
Moto: Semper invicta
(Latin: "Tak terkalahkan") 
Stadion: National Stadium (58,145 bangku)
Klub Top: Legia WarsawaPolonia Warsawa

Selamat Datang Euro 2012 di Warsawa

Dinamai berdasarkan legenda putri duyung yang tinggal di Sungai Vistula yang menggoda seorang nelayan. Versi lain mengatakan, nama kota ini berasal dari seorang bangsawan pada abad ke-12. Kota ini bangkit dari kehancuran Perang Dunia II yang membumihanguskan 80 persen bangunan. Kini, Warsawa menjadi kota terbesar kesembilan Eropa.

Sejarah

Perang, perang, dan perang lagi. Banyak pertikaian yang terjadi di Warsawa, seperti Perang Utara pada 1700 dan diikuti Pergerakan November pada 1830, serta jangan abaikan pula Pergerakan Januari pada 1863.

Begitu tirai merah komunisme tersibak di Eropa pada awal abad 20, Perang Bolshevik Polandia lagi-lagi membuat Warsawa dalam prahara, tetapi kota ini mampu mempertahankan diri dari serbuan Serdadu Merah. Hingga 1945 ketika Perang Dunia menghancurkan mereka dan komunisme menguasai seisi negeri hingga 44 tahun.

Terkenal Akan...

Seni. Teater, konser musik, arsitektur.. sebut saja. Semuanya terbentang, tertulis, atau tersaji di seantero Warsawa. Penampilan seni dapat disaksikan seperti di National Warsaw Philharmonic (foto di bawah). Termasuk pula kompetisi International Frederik Chopin Piano. Ya, Frederik Chopin merupakan komponis ternama yang pernah tinggal di Warsawa.



Tempat Menginap
  • La Regina: Di sekitar pojokan rumah Marie Curie, hotel ini terletak di kawasan "kota baru" Warsawa dan cocok untuk turis yang aktif. Salah satu dari banyak gedung yang direstorasi setelah Perang Dunia II dan dipuji karena memiliki layanan yang terbaik. 
  • Rialto (kanan): Salah satu hotel terbesar di kota ini, disempurnakan dengan gaya art deco, dan dengan furnitur yang dikumpulkan dari berbagai rumah lelang di seantero Eropa. 
  • Witt: Mencari yang lebih murah? Apartemen bersahaja ini memiliki sentuhan "dunia lama" dan cocok untuk fans sepakbola yang dikenal punya anggaran ketat. Dekat dengan stasiun kereta utama dan dekat pula dengan sebuah restoran kari. Hotel ini menjadi salah satu bagian dalam film Roman Polanski, The Pianist. 
Berkunjung
  • Taman Lazienki: Buah karya Raja Stanislaw August Poniatowski pad abad ke-18, kompleks taman ini merupakan tempat populer untuk merasakan pengalaman Warsawa yang kuno. Anda juga bisa menikmati indahnya taman, kanal, dan kolam-kolam di sini.
  • Old Town Square Market (kanan): Semua ada di Pasar Kota Tua ini, pedagang kaki lima, kafe, toko-toko, galeri, dan sejumlah restoran top Warsawa. Semua dikelilingi gedung peninggalan abad 17 dan 18.
  • Royal Castle (Zamek Krolewski): Seperti halnya kebanyakan gedung di Warsawa, Istana Raja ini dirusak Jerman pada 1940-an, tetapi dibangun ulang berdasarkan bentuk awalnya ketika masih menjadi gedung utama Persemakmuran Polandia untuk berabad-abad lamanya.
Tahukah Anda?
Warsawa merupakan salah satu kandidat untuk European Capital of Culture 2016. Program tersebut merupakan kegiatan tahunan Uni Eropa yang akan memberi kesempatan kepada sebuah kota di Eropa untuk menunjukkan kebolehan mereka dalam aspek kebudayaan dan kemajuannya.
Figur Terkenal

Marie Curie. Ilmuwan ternama dunia yang tidak hanya menggondol satu, tetapi dua hadiah Nobel. Curie dikenal dengan eksperimennya tentang radioaktif serta pengembangan di bidang medis. Istilah "radioaktif" merupakan buah pemikirannya dan sebuah unit pengukuran dalam disiplin ilmu fisika diberi nama berdasarkan namanya.
Sumber

BACA JUGA YANG LAIN



Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : muhammadridwan384@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...