DAFTAR ISI

Jenis-Jenis Penonton Pertandingan Sepakbola Dunia

Sunday, January 8, 2012

Share this history on :

Share/Bookmark
Sepakbola lumrahnya merupakan olahraga yang sangat populer. Sepakbola dimainkan oleh berbagai kalangan dan di berbagai belahan dunia. Bahkan di beberapa negara besar, seperti Inggris ataupun spanyol sepak bola lebih dari sebuah permainan. Sepakbola sudah menjadi budaya dan berakar di dalam kehidupan masyarakat, menjadikannya sesuatu yang sangat sayang ataupun tabu untuk dilewatkan. Simak saja bagaimana meriahnya pertandingan antara the big four (atau mungkin sudah menjadi big five sekarang) di kancah premier league. Ataupun bagaiman penting nya duel el classico antara Real Madrid dam Barcelona yang rumornya juga merupakan pertandingan antara dua bangsa yang berbeda dan memiliki nuansa politis. Di dalam pertandingan besar tersebut, tentu jumlah penonton yang menyaksikan sudah bukan main jumlahnya. Dan dibalik semua itu, pendukung tim atau pun penonton dari pertandingan sepakbola di bedakan dalam beberapa kategori, seperti berikut !!
Hooligan



Istilah ini merupakan istilah yang umum dalam kancah persepakbolaan. Mengenai asal usul kata Hooligan, diakatakan bahwa kata Hooligan berasal dari sebuah nama geng jalanan yaitu Hooley, yang dalam bahasa Irlandia berarti “gerombolan liar” Hooligan sendiri mengacu pada pendukung yang bersifat brutal yang pada awalnya berasal dari Inggris, namun kini telah menjadi tren global. Dikatakan bahwa sebagian besar para hooligan adalah para backpacker yang telah berpengalaman dalam bepergian. Mereka umumnya suka menonton pertandingan yang beresiko besar. Biasanya para hooligan tidak mengenakan pakaian yang sama seperti tim pendukung nya agar tidak terdeteksi oleh polisi dan cenderung untuk tidak duduk dalamn satu tempat bersamaan namun sebaliknya, mereka berpencar-pencar.
Ultras


Ultras mengacu kepada pendukung setia yang melakukan hal-hal yang atraktif untuk mendukung tim kesayangan mereka, seperti menyanyikan yel-yel, melakukan gerakan khas mereka atapun menyalakan gas warna- warni untuk mencari perhatian. Kata ultras sendiri berasal dari bahasa latin yang berarti luar biasa.Ultras juga hampir sama denagn Hooligan, dimana mereka bisa saja marah jika tim mereka kalah, namun di sisi lain, ada satu perbedaan mendasar antara ultras dan hooligan, yaitu tujuan utama dari ultras adalah mendukung tim bukan untuk adu fisik.
The VIP


Kalangan ini cenderung tidak terlalu mementingkan pertandingan, melainkan keinginan untuk ditonton oleh penonton lain. Sebagian dari kalangan ini adalah pebisnin tingkat tinggi yang menyaksikan pertandingan di tempat VIP. Oleh karena didasari oleh tujuan bisnis, maka segalanya dihitung sebagai investasi. Maka sudah umum jika dalam suatu pertandingan akan terjadi kesepakatan penting. Mereka tidak terlalu peduli dengan hasil pertandingan, kecuali hal itu mempengaruhi bisnis mereka.
Daddy/Mommy

Sesuai dengan namanya, kalangan ini adalah kalangan yang suka mengajak anggota keluarganya untuk menonton suatu pertandingan sepakbola. Bagi kalangan ini, pertandingan sepakbola diibaratkan sebagai sebuah rekreasi keluarga yang dapat mempererat rasa kebersamaan. Sebagian besar dari kalangan in adalah para karyawan profesional yang gemar akan sepakbola namun tidak fanatik. Dan biasanya mereka duduk berjauhan dari para ultras ataupun hooligan, demi keselamatan anggota keluarga mereka.
Christmas Tree

Kalangan in mengenakan berbagai macam hiasan ataupun atribut si sekujur tubuhnya. Kalangan ini berbeda dari ultras ataupun hooligan yang cenderung terdiri dari laki-laki, kalangan in terdiri dari laki-laki ataupun perempuan baik yang tampil sendiri, berpasangan ataupun berkelompok. Diketahui juga bahwa kalangan ini tidak hanya bertujuan untuk menonton pertandingan tapi juga untuk mendukung tim mereka dan berusaha menunjukan identitas negara mereka. Sama halnya seperti kalangan daddy/mommy, kalangan ini juga cenderung menjauhkan dir dari hooligan dan ultras.
The expert


Kalangan ini adalah kalangan penjudi yang rata2 cukup berumur. Umumnya mereka memiliki wajah yang tegang selam pertandingan berlangsung dan tak jarang meneguk minuman keras karena saking tegangnya. Kalangan seperti ini biasanyahanya tertarik pada pertandingan besar sekelas world cup ataupun UEFA.
Couch Potato


Mungkin ini adalah kalangan terbesar dari penonton sepakbola karena kalangan ini adalah kalangan yang menonton sepakbola di rumah lewat TV. Sambil menon biasanya mereka menyediakan sedikit camilan dan kadang mereka pun mengajak teman2 ataupun tetangga untuk menonton bareng. Namun, walaupun hanya menonton lewat tv, terkdang kalangan ini juga mengenakan atribut tim kesayangan mereka.

BACA JUGA YANG LAIN



Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : muhammadridwan384@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...