DAFTAR ISI

Piala Afrika, Derita Klub-Klub Eropa

Saturday, January 21, 2012

Share this history on :

Share/Bookmark


Roberto Mancini makin ketar-ketir saja. Di saat persaingan makin ketat, dia malah kehilangan dua pemain pilarnya, Toure bersaudara. Sebel? Pasti. Namun dia tidak bisa menolak kepergian kakak beradik itu untuk membela negaranya, Pantai Gading bertarung di Piala Afrika 2012 yang mulai digelar di Gabon dan Equatorial Guinea.
Semata bukan Mancini yang repot. Manajer lainnya, Arsene Wenger dan Andre Villas-Boas juga gelisah. Selama sebulan, kalau timnya terus melaju, Wigan kehilangan Mohamed Diame. Sedangkan Stoke kehilangan Salif Diao yang membela Senegal. 

Pemain mereka asal Afrika tidak sedikit. Rata-rata dari mereka adalah pemain inti. Kehilangan mereka di saat genting bikin jantung makin cepat berdebar dan juga keringat dingin meluncur dengan deras.
Dalam beberapa tahun terakhir kehadiran pemain asal Afrika memang  membanjiri liga-liga Eropa. Bakat-bakat alam yang mereka punya memang memberikan jaminan permainan klub akan mencorong tapi di saat lain, ya di Piala Afrika ini --- yang diselenggarakan di awal tahun, kerap bikin jidat mereka berkerut.
Ada keuntungannya tentu saja. Mereka yang sedikit memakai pemain asal Afrika bisa mencuri keunggulan. Manchester United termasuk yang cerdik. Sir Alex Ferguson belakangan lebih banyak membeli pemain asal Amerika Latin. Praktis, performa mereka bisa lebih stabil. Siapa lagi yang beruntung? Mereka yang selama ini menjadi cadangan karena kalah bersaing dengan para mutiara hitam itu bisa unjuk gigi.
Siapa saja yang cuti? Baca selengkapnya:
Arsenal: Chamakh dan Gervinho mengambil cuti.  Gervinho adalah kerugian besar. Meskipun kurangnya finishing, kecepatan dan dribbling telah cukup mengancam, terutama karena Theo Walcott tengah kehilangan bentuk.
Kesempatan untuk Arshavin, Benyoun, dan Rosicky. Thierry Henry? Pemain yang disewa untuk 2 bulan akan bekerja lebih banyak. Tapi boleh jadi dia akan digunakan sebagai super-sub.
Chelsea: Drogba dan Kalou pergi. Inilah kesempatan Fernando Torres memiliki bulan untuk bersinar. Dia bisa meninggalkan bangku cadangan sejak awal. Oh, ya juga buat Daniel Sturridge.     
Manchester City: Vincent Kompany harus istirahat akibat skorsing. Kolo dan Yaya Toure pergi. Besar kesempatan untuk Joleon Lescott atau Stefan Savic. 
Pengganti Yaya? Nigel De Jong yang banyak berada di bench, bisa tampil.  Mancini juga bisa memikirkan untuk menurunkan Gareth Barry dan James Milner. 
Newcastle United: Demba Ba dan Cheikh Tiote pergi selama satu bulan. Padahal Newcastle sangat tergantung pada dua pemain itu.    Danny Guthrie jadi pengganti Tiote. Di depan, mereka masih punya Leon Best dan Ameobi Bersaudara yakni Shola dan Sammy.
Sumber

BACA JUGA YANG LAIN



Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : muhammadridwan384@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...