DAFTAR ISI

Jendela Transfer Januari: Siapa Yang Datang & Pergi Di Bundesliga Jerman

Saturday, January 21, 2012

Share this history on :

Share/Bookmark
Bursa jendela transfer masih akan dibuka sampai 31 Januari mendatang. Sejauh ini baru Wolfsburg yang sangat aktif, sementara klub Bundesliga lainnya belum mengumumkan kegiatan transfer mereka. GOAL.com akan membahas kemungkinan pergerakan transfer tiap klub, terutama siapa yang akan bertahan dan akan pergi dalam bursa transfer Januari ini.



BAYERN MUNICH


Bagi pimpinan sementara Bundesliga ini, situasinya sudah cukup jelas. Sejauh ini belum ada pemain yang akan datang maupun pergi. Meskipun begitu masih ada beberapa rumor yang berkembang.

Ivica Olic bisa saja hengkang pada bulan ini, begitu juga dengan Daniel Pranjic. Kedua pemain yang sudah jarang dimainkan itu masing-masing diincar Lazio dan Wolfsburg serta Hamburg.

Ada beberapa posisi yang sepertinya ingin ditingkatkan oleh Bayern, terutama di posisi depan dan belakang, seperti pernah diungkapkan Uli Hoeness pada awal bulan ini. Kandidat terkuat adalah kapten Schalke Benedikt Howedes, ia sebelumnya pernah dihubung-hubungkan dengan Munchen beberapa waktu lalu dan menurut GOAL.com akan menjadi calon kuat pemain Bayern. Ia kemungkinan akan menggantikan Daniel van Buyten, yang diincar empat klub, temasuk Monaco.

Siapa pemain yang diincar di posisi striker masih belum jelas, Bayern juga belum memutuskan apakah akan mendatangkan penyerang atau gelandang serang.  Sepertinya mereka baru akan aktif di musim panas nanti, dan belum ada kejutan di bulan Januari ini.

Ins: none
Outs: none
Targets: Benedikt Howedes, Xherdan Shaqiri
Possible departures: Ivica Olic, Danijel Pranjic



BORUSSIA DORTMUND


Dengan keberhasilan meraih gelar liga di musim lalu, para bintang Dortmund dipantau sejumlah klub top Eropa. Ada rumor yang menyebutkan kalau kedatangan Marco Reus pada Juli 2012, akan disusul dengan dilepasnya Mario Gotze, namun pemain andalan BVB itu menegaskan masih akan bertahan di Signal Iduna Park. Selain kedatangan Reus dan pemain muda Leonardo Bittencourt, Dortmund sepertinya tidak terlalu aktif di jendela transfer.

Hal itu bisa saja segera berubah, contohnya situasi yang dialami Lucas Barrios, yang kerap menyatakan rasa tidak puasnya karena lebih sering menjadi pengganti Robert Lewandowski.  Striker asal Paraguay itu diberitakan menjadi target sejumlah klub, seperti  Malaga, Sevilla, dan Aston Villa. Kabar terbaru menyebutkan kalau BVB bersedia menerima tawaran sebesar €12 juta untuk Barrios.

Selain itu, Mohammed  Zidan kemungkinan juga akan pergi, dan Hannover mengatakan siap mengajukan tawaran untuk penyerang asal Mesir tersebut.
Manuel Schmiedebach juga bisa saja hengkang dari Hannover untuk didatangkan, tapi kemungkinan besar ia akan pergi pada musim panas mendatang saat kontraknya berakhir.  Pemain lainnya yang berpeluang didatangkan adalah Lucas Andersen, pemain berusia 17 tahun dari Aalborg. Saat ini, Dortmund sepertinya tak akan aktif di bursa transfer sampai musim panas nanti.

Ins: none
Outs: none
Targets: Lucas Andersen, Manuel Schmiedebach
Possible departures: Lucas Barrios, Florian Kringe, Mohamed Zidan



SCHALKE


Dengan meminjam mantan pemain Hoffenheim Chinedu Obasi, Schalke sudah memulai langkah besar di jendela transfer. Kedatangkan pemain asal Nigeria itu semakin memperkuat rumor kalau Jefferson Farfan itu akan pergi, meskipun belum ada klub yang serius ingin mendapatkan pemain asal Peru tersebut yang kontraknya akan berakhir pada musim panas mendatang.

Sementara kapten tim Benedikt Howedes kencang diberitakan diminati Bayern Munchen. Pemain lainnya yang kemungkinan akan hengkang adalah Jose Manuel Jurado karena jarang dimainkan sepanjang musim ini. Meskipun banyak yang dikabarkan akan pergi, sejauh ini baru Jan Moravel yang dipastikan sudah hengkang.

Pada musim panas mendatang, Carlos Zambrano akan kembali dari masa pinjaman di St Pauli. Pemain lainny a yang kemungkinan akan didatangkan ke Veltins-Arena adalah Lukas Podolski dan Rene Adler.


Ins: Chinedu Obasi (Hoffenheim, pinjaman)
Outs: Jan Moravek (Augsburg, pinjaman)
Targets: Adler, Podolski
Possible departures: Jefferson Farfan, Benedikt Howedes, Jose Manuel Jurado


BAYER 04 LEVERKUSEN


Transfer besar pertama Leverkusen adalah Bernd Leno yang didatangkan dari Stuttgart, yang sudah dipastikan kontraknya sebelum istirahat musim dingin dimulai. Dengan mendatangkan pemain berusia 19 tahun tersebut, tim besutan Robin Dutt itu memastikan masa depan di posisi penjaga gawang, yang bisa mendorong keluarnya Rene Adler yang sepertinya sulit kembali mendapatkan tempat utama.

Mantan penjaga gawang timnas Jerman itu dikait-kaitkan dengan Hamburg dan Schalke dan akan dilepas kalau ada yang mengajukan tawaran resmi.  Beberapa laporan menyebutkan kalau Tranquillo Barnetta kemungkinan akan pergi ke Fiorentina. Namun pemain sayap asal Swiss itu kecil peluangnya untuk dilepas karena Leverkusen masih membutuhkan tenaganya di Liga Champions, sedangkan dua pelapisnya Renato Augusto dan Michael Ortega masih sering terkena cedera.

Dimitar Berbatov juga beberapa kali dikabarkan akan kembali ke BayArena, tapi masalah gaji yang tinggi akan mempersulit Leverkusen untuk mendatangkannya. Dengan fitnya kembali Barnetta dan Renato Augusto tetap berada dalam kondisi terbaik, sepertinya belum ada tambahan pemain baru.

Ins: Bernd Leno (Stuttgart, €7,5 juta)
Outs: Hanno Balitsch (Nurnberg, transfer gratis), Nicolai Jorgensen (Kaiserslautern, pinjaman)
Targets: Jens Hegeler, Manuel Schmiedebach
Possible departures: Rene Adler, Tranquillo Barnetta


BORUSSIA MÖNCHENGLADBACH


Tampil fantatis di paruh pertama musim ini, Gladbach bertekad mempertahankan momentum mereka, diantaranya dengan mendatangkan pemain muda Alexander Ring dan Tolga Cigerci. Keduanya akan saling bersaing jadi pemain utama di sektor gelandang bertahan, tapi bisa lama bertahan di Borussia Park setelah pelatih Roman Neustadter mengumumkan kepergian Thorben Marx pada musim panas nanti, yang kemungkinan akan diikuti Havard Nordtveit. Gladbach juga dihubungkan dengan sejumlah pemain di posisi penyerang, termasuk  Jan Wuytens dari Utrecht, dan pemain Wolfsburg's Patrick Helmes.

Ins: Tolga Cigerci (Wolfsburg, pinjaman), Alexander Ring (Helsinki, pinjaman dengan opsi membeli)
Outs: Logan Bailly (Genk, pinjaman), Elias Kachunga (Osnabruck, pinjaman), Joshua King (masa pinjaman berakhir)
Targets: Patrick Helmes, Dusan Tadic, Jan Wuytens
Possible departures: Thorben Marx, Havard Nordtveit



WERDER BREMEN


Bremen tidak banyak terdengar di bursa transfer. Walaupun situasi keuangan mereka tidak terlalu bagus dan sempat menuai hasil kurang memuaskan selama gim persahabatan pra-musim, mereka bisa saja memaksakan diri untuk mendatangkan satu atau dua pemain baru sebelum jendela transfer ditutup.

Seorang playmaker baru masuk dalam rencana Werder, dengan pemain Atletico Madrid Diego menjadi target impian, namun pemain Austria WiencZlatko Junuzovic a adalah pilihan yang lebih realistis. Untuk mendapatkan dana yang besar, pemain-pemain seperti  Sebastian Prodl, Wesley dan Marko Marin masuk dalam daftar untuk dilego menyusul jejak Sandro Wagner yang dipinjamkan ke Kaiserlautern.

Ins: none
Outs: Sandro Wagner (Kaiserslautern, pinjaman)
Targets: Diego, Zlatko Junuzovic
Possible departures: Marko Marin, Sebastian Prodl, Wesley



HANNOVER 96


Hannover mulai kelelahan menjelang paruh pertama musim ini. Walaupun sejauh ini belum mendatangkan pemain baru, namun menjelang akhir Januari ini kemungkinan besar satu atau dua pemain yang akan datang.  Pelatih Mirko Slomka mengakui timnya butuh pemain baru terutama di posisi depan.  Pemain muda potensial berusia 17 tahun Mateo Kovacic berpotensi menjadi pemain baru, begitu juga dengan Mushaga Bakeng. Sebagai tambahan, 96ers sudah mengajukan tawaran untuk pemain tim cadangan Manchester United  Mame Biram Diouf.

Ada juga beberapa pemain yang akan keluar, seperti Manuel Schmiedebach yang kontraknya berakhir pada musim panas mendatang. Sementara Moritz Stoppelkamp  mengatakan mulai tidak kerasan karena lebih sering duduk di bangku cadangan dan mungkin ingin mencari tantangan baru di klub lain. Meskipun begitu, sepertinya belum ada yang pergi sampai Juli nanti.

Ins: none
Outs: none
Targets: Mushaga Bakenga, Mame Biram Diouf, Mateo Kovacic
Possible departures: Manuel Schmiedebach, Moritz Stoppelkamp



VFB STUTTGART


Sejauh ini, Stuttgart baru mendatangkan satu pemain, yaitu Gotoku Sakai yang dipinjamkan dari Albirex Nigata. Mereka sudah kehilangan Bernd Leno, kiper muda yang sangat berbakat ini hengkang ke Leverkusen. Pemain muda lainnya, Ermin Bicakcic sudah pindah ke Braunschweig.

Beberapa pemain bintang diincar sejumlah klub di negara lain atau mencari klub baru. Salah satunya  Zdravko Kuzmanovic  yang diincar Juventus dan kemungkinan besar akan pergi. Arthur Boka, Stefano Celozzi dan Pavel Pogrebnyak juga berpotensi untuk hengkang. Di sisi lain, Timothy Chandler, Patrick Helmes atau Srdjan Lakic berpotensi menggantikan mereka, masing-masing di posisi bek sayap dan striker.


Ins: Sakai (Albirex, pinjaman)
Outs: Leno (Leverkusen, €7,5 juta), Bicakcic (Eintracht Braunschweig, nilai transfer dirahasiakan)
Targets: Timothy Chandler, Patrick Helmes, Srdjan Lakic
Possible departures: Arthur Boka, Stefano Celozzi, Zdravko Kuzmanovic, Pavel Pogrebnyak


TSG 1899 HOFFENHEIM


Hoffenheim di pertengahan musim ini meminjamkan Chinedu Obasi dan Gylfi Sigurdsson, masing-masing ke Schalke dan Swansea. Pemain muda Stefan Thesker dan Sandro Wieser sudah didatangkan , dan target mereka selanjutnya adalah Mame Biram Diouf dan Timo Gebhart. Andreas Ibertsberger bisa saja pergi dalam waktu dekat ini dan bergabung dengan klub penghuni Bundesliga 2,  Karlsruhe atau 1860 Munich, yang berminat mendapatkannya. Sementara Vedad Ibisevic  masuk dalam incaran Stuttgart.

Ins: Stefan Thesker (Twente, €100,000), Sandro Wieser (Basel, €1 juta)
Outs: Chinedu Obasi (Schalke, pinjaman), Gylfi Sigurdsson (Swansea, pinjaman)
Targets: Mame Biram Diouf, Timo Gebhart
Possible departures: Andreas Ibertsberger, Vedad Ibisevic



1. FC KÖLN


Sejauh ini, Mikael Ishak adalah satu-satunya pemain baru di Koln, namun tim besutan Stale Solbakken ini akan mengaji langkah mereka karena situasi yang kurang memuaskan di Bundesliga musim ini. Sebastian Freis, Thiemo-Jerome Kialka, Adam Matuschyk, Tomaoki Makino dan Alexandru Ionita sudah hengkang, dan Kevin Pezzoni berpotensi mengikuti jejak mereka. Lukas Podolski diincar sejumlah klub top Eropa, namun ia belum memutuskan masa depannya dan tidak akan pergi sebelum musim panas nanti. Koln sedang mempertimbangkan untuk mencari penggantinya, tapi sejauh ini striker berkelas yang tersedia hanya  Srdjan Lakic yang harganya sangat tinggi dan Patrick Helmes yang lebih cenderung memilh klub papan atas.

Ins: Mikael Ishak (Assyriska FF, undisclosed fee)
Outs: Sebastian Freis (Freiburg, transfer gratis), Thiemo-Jerome Kialka (Jahn Regensburg, transfer gratis), Tomaoki Makino (Urawa Red Diamonds, pinjaman), Alexandru Ionita (Rapid Bucharest, pinjaman)
Targets: none
Possible departures: Kevin Pezzoni, Lukas Podolski



 
HERTHA BSC


Tim promosi ini belum mendatangkan maupun melepas pemain di bursa transfer Januari ini. Alexander Milosevic atau Filip Ivanovski c bisa saja didatangkan untuk menambah kekuatan dan kedalaman tim, tapi ketertarikan mereka terhadap dua pemain tersebut masih belum jelas. Fanol Perdedaj kemungkinan akan hengkang ke  Karlsruhe, dan Marco Djuricin juga berpeluang untuk pindah dan mungkin kembali ke Austria.

Ins: none
Outs: none
Targets: Marco Djuricin, Fanol Perdedaj
Possible departures: Filip Ivanovski, Alexander Milosevic



VFL WOLFSBURG


Wolfsburg saat ini adalah tim yang paling aktif di bursa transfer, mereka sudah mendatangkan delapan pemain baru. Namun apakah Felix Magath bisa membangun tim yang lebih kuat dengan skuad barunya, masih menjadi tanda tanya. Yang jelas, Patrick Helmes, Srdjan Lakic, dan Sortirios Kyrgiakos dibebaskan untuk pergi kalau ada klub yang melayangkan tawaran yang pas untuk mereka, namun seeprtinya itu baru ajan terjadi pada musim panas mendatang.

Ins: Ferhan Hasani (Skendija Tetovo, €700,000), Felipe Lopes (Nacional, €2,5 juta), Petr Jiracek (Viktoria Plzen, €4 juta), Slobodan Medojevic (Vojvodina, €2,5 juta), Ricardo Rodriguez (Zurich, €8,5 juta), Giovanni Sio (Sion, €5,8 juta), Ibrahim Sissoko (Academica de Coimbra, €1,5 juta), Vieirinha (PAOK Saloniki, €4,5 juta)
Outs: Tolga Cigerci (Monchengladbach, pinjaman), Thomas Kahlenberg (Evian, pinjaman)
Targets: Ivica Olic
Possible departures: Patrick Helmes, Sortirios Kyrgiakos, Srdjan Lakic



HAMBURGER SV


Belum ada pengumuman kalau Hamburg mendatangkan atau menjual pemain pada Januari ini, tapi ada banyak rumor tentang rencana mereka di bursa transfer.  Rene Adler dan Granit Xhaka berada dalam radar Hamburg, tapi kemungkinan baru akan hengkang pada musim panas nanti. Selain itu kencang beredar kabar kalau mereka berpotensi mendapatkan Alexandar Dragovic dari Basel. Mladen Petric diberitakan akan pindah ke Sevilla, sementara David Jarolim dan Marcell Jansen kemungkina juga akan pergi dalam waktu dekat.

Ins: none
Outs: none
Targets: Rene Adler, Alexandar Dragovic, Granit Xhaka
Possible departures: Marcell Jansen, David Jarolim, Mladen Petric


1. FSV MAINZ 05


Sejauh ini, tim arahan Thomas Tuchel ini baru melakukan tiga kegiatan di bursa transfer. Mereka mendatangkan kiper muda Manchester City Loris Karius, dan mengontrak Stefan Bell secara permanen. Mereka pun melepas  Florian Heller ke Ingolstadt. Pape Habib Sow bisa saja datang untuk lmemperkuat Mainz, tapi selain itu belum ada kabar tentang incaran mereka selanjutnya.

Ins: Loris Karius (Manchester City, nilai transfer dirahasiakan), Stefan Bell (pinjaman dari Eintracht Frankfurt)
Outs: Florian Heller (Ingolstadt, transfer gratis)
Targets: Pape Habib Sow
Possible departures: none



1. FC NÜRNBERG


Hanno Balitsch dan Adam Hlousek sudah bergabung dengan Nurnberg, dan Hiroshi Kiyotake bisa saja bergabung dengan klub yang performanya sedang menurun ini.  Stefano Celozzi dan Kevin Pezzoni juga termasuk dalam daftar target pemain yang dibidik FCN. Sedangkan Timothy Chandler dan Jens Hegeler kemungkinan akan segera hengkang.

Ins: Hanno Balitsch (Leverkusen, transfer gratis), Adam Hlousek (Jablonec €1 juta)
Outs: none
Targets: Stefano Celozzi, Kevin Pezzoni, Hiroshi Kyiotake
Possible departures: Timothy Chandler, Jens Hegeler



1. FC KAISERSLAUTERN


Tampil buruk di paruh pertama musim ini, The Palatines akhirnya harus melakukan kegiatan di bursa transfer.  Mereka mendapatkan Jakub Swieczok, lalu meminjam Nicolai Jorgensen dan Sandro Wagner, sementara Clemens Walch, Ilian Micanski, Chadli Amri, Stiven Rivic dan Jiri Belek sudah hengkang. Selain itu tidak ada tanda-tanda mereka akan aktif lagi di bursa transfer bulan ini.

Ins: Nicolai Jorgensen (Leverkusen, pinjaman), Jakub Swieczok (Polonia Bytom, nilai transfer dirahasiakan), Sandro Wagner (Bremen, pinjaman)
Outs: Chadli Amri (FSV Frankfurt, transfer gratis), Jiri Bilek (Zaglebie Lubin) Ilian Micanski (FSV Frankfurt, transfer gratis), Clemens Walch (Dynamo Dresden, transfer gratis), Stiven Rivic (kontrak berakhir)
Targets: none
Possible departures: none



 
FC AUGSBURG


Jan Moravek sudah bergabung dengan tim promosi ini dengan status pinjaman, sedangkan Patrick Mayer dan Michael Thurk pindah ke klub Heidenheim, klub penghuni kasta ketiga liga. Sementara itu, Jonas de Roeck juga berpotensi untuk pergi, dan Maximilian Nicu dan Rob Friend berpotensi untuk didatangkan untuk membantu klub berjuang dari ancaman degradasi.

Ins: Jan Moravek (Schalke, pinjaman)
Outs: Patrick Mayer (Heidenheim, pinjaman), Michael Thurk (Heidenheim, transfer gratis), Uwe Mohrle (Energie Cottbus, nilai transfer dirahasiakan)
Targets: Rob Friend, Maximilian Nicu
Possible departures: Jonas de Roeck



SC FREIBURG


Dengan perginya Papiss Cisse ke Newcastle United, maka hilanglah pemain paling efektif di Freiburg padahal mereka sedang berjuang untuk menghindari ancaman degradasi. Selain itu, Heiko Butscher juga sudah meninggalkan klub, dan Maximilian Nicu serta Kisho Yano kemungkinan juga akan dilepas sebelum akhir Januari ini. Di sisi lain, sejumlah pemain baru sudah didatangkan, termasuk Karim Guede, Fallou Diagne, Sebastian Freis dan Michael Lumb. Namun the Breisgau kemungkinan masih akan menambah skuad mereka. Thorben Marx, Kevin Pezzoni dan Kevin Diaz menjadi target mereka dan berpotensi untuk didatangkan.

Ins: Fallou Diagne (Metz, 500,000), Sebastian Freis (Koln, transfer gratis), Karim Guede (Slovan Bratislava, €300,000), Michael Lumb (Zenit, pinjaman)
Outs: Yacine Abdessadki (kontrak berakhir), Heiko Butscher (Eintracht Frankfurt, transfer gratis), Papiss Demba Cisse (€12 juta)
Targets: Kevin Diaz, Thorben Marx, Kevin Pezzoni
Possible departures: Maximilian Nicu, Kisho Yano

Sumber

BACA JUGA YANG LAIN



Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : muhammadridwan384@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...