DAFTAR ISI

Macam - Macam Tipikal / Karakter Seorang Bek SepakBola

Friday, January 13, 2012

Share this history on :

Share/Bookmark
1. Central defender
Central Defender adalah centre back yang 'normal'. Mereka didisain untuk menjadi garis pertahanan terakhir (kecuali anda menerapkan seorang sweeper), dan biasanya dimainkan bersama seorang centre back lain. Mayoritas centre back di seluruh dunia memainkan peran ini, walaupun demikian penerapan tugas 'stopper' ataupun 'cover' akan berefek pada positioning dan seberapa agresif mereka.

Atribut kunci:

Marking
Tackling
Jumping
Anticipation
Decisions
Strength
Consentration

Contoh aktual: Hampir semua centre back memainkan peran ini.

2. Ball-playing defender
Ball-Playing defender (bpd) agak berbeda dibanding centre back biasa. Bpd diberikan ijin untuk lebih ekspresif dengan membawa bola keluar dari garis pertahanan dan memberikan bola kepada rekan gelandangnya untuk memulai serangan. Sekilas hampir sama dengan libero, tetapi bpd lebih dibatasi kebebasannya karena tugas bertahannya tetap lebih penting.

Atribut kunci:

Semua atribut kunci central defender
Pace
Acceleration
Passing
Creativity
Technique

Contoh aktual:


Thomas Vermaelen

3. Limited defender

Jika anda mempunyai centre back yang tinggi besar, sangat kuat dan sangat agresif tetapi mempunyai kelemahan sangat mencolok di sisi teknik maka anda mungkin bisa menerapkan seorang limited defender kepadanya. Dengan keunggulan fisiknya limited defender didisain untuk memenangkan duel dan mengamankan bola. Oleh karena itu juga ia tidak perlu memikirkan bola yang diusirnya tersebut harus tepat dikirimkan kepada rekannya untuk memulai serangan balik karena yang penting adalah bola telah dibuangnya ke tempat yang lebih aman.

Atribut kunci:

Strength
Jumping
Tackling
Marking
Anticipation
Consentration
Decisions

Contoh aktual:


Jamie Carragher

4. Sweeper
Kata ini kembali dipakai untuk membedakannya dengan sweeper menyerang yang lebih cocok dengan nama libero. Sweeper adalah stopper pertahanan. Biasanya sweeper menjadi bagian dari pertahanan lima bek dan ia berdiri di belakang centre back untuk 'membersihkan' semua bola yang lolos dari pertahanan timnya. Biasanya sweeper adalah pemain yang jauh lebih sering bergerak dibandingkan centre back, ia harus bergerak terus untuk menutupi lubang pertahanannya. Tetapi sweeper tidak harus mempunyai skill teknik yang baik karena tugas utamanya hanya mengawasi, mencium adanya bahaya dan mengusirnya.

Atribut kunci:

Semua atribut centre back
Anticipation
Positioning
Speed & Acceleration (diatas rata-rata centre back)

Contoh aktual:


Philippe Mexes

5. Libero
Libero adalah 'ball playing sweeper' dalam artian ia adalah sweeper yang menyerang. Saat tim dalam modus bertahan, ia akan berdiri dibelakang centre back selayaknya sweeper biasa. Namun saat ia menguasai bola, ia akan melihat dahulu posisi rekan-rekannya dan mencoba mengumpankan bola kepada rekan gelandangnya yang berada di depan. Oleh sebab itu seorang libero membutuhkan skill teknik yang lebih baik daripada seorang sweeper normal, selain itu seiring dengan karakternya yang menyerang maka tim juga membutuhkan rekan centre back yang dapat menutupi celah yang ditinggalkannya saat ia mungkin masih terperangkap jauh di depan pertahanannya.

Atribut kunci:

Semua atribut centre back
Speed & acceleration
Technique
Anticipation
Passing
Positioning

Contoh aktual:


Phil Jones

6. Full back
Pergerakan ke depan (forward run) dan dribling full back selalu dibatasi. Mereka cenderung untuk mengumpankan bola kembali kepada rekannya yang lebih kreatif di tengah atau di depan. Mereka mungkin maju sesekali untuk mensupport gelandang sayap saat tim sudah menekan lawan sampai dua pertiga lapangan, tetapi selebihnya mereka hanya akan tetap di belakang untuk menjaga serangan balik lawan dari sayap. Full back mempunyai strength dan tackling yang lebih baik dari wing back, juga lebih cepat dan gesit dari centre back.
Dewasa ini dalam sepakbola modern, seiring dengan mulai tidak dipakainya gelandang sayap murni, peran wing back yang lebih menyerang otomatis lebih disukai. Tetapi ini tidak berarti bahwa posisi ini mulai ditinggalkan orang karena tetap penting untuk mempunyai pertahanan yang solid untuk menghadapi lawan yang mempunyai ancaman serangan sayap mematikan.

Atribut kunci:


Strength
Tackling
Speed & Acceleration (rata-rata diatas centre back)

Contoh aktual:
















7. Wing back
Wing back kini semakin bertambah penting dalam sepakbola modern - khususnya dengan mulai ditinggalkannya posisi sayap murni, maka tugas wing back-lah sekarang untuk memberikan pilihan serangan dari sayap. Pemain bek kiri/kanan dewasa ini biasanya terkenal mempunyai kecepatan dan crossingnya, mereka bahkan tak akan canggung untuk dimainkan di posisi gelandang kiri/kanan sekalipun. Tetapi bagaimanapun wing back adalah tetap bagian dari pertahanan, mereka harus mempunyai insting bertahan yang baik dan kedisiplinan untuk kembali ke posisi awalnya. Karena itu pula maka wing back harus mempunyai stamina dan fitness yang prima, kecepatan, visi, passing dan crossing yang baik.

Atribut kunci:

Stamina
Speed & Acceleration
Crossing
Passing
Creativity
Skill

Contoh aktual:


Marcelo
GOOGLE & FM

BACA JUGA YANG LAIN



Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : muhammadridwan384@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...