DAFTAR ISI

Piala Afrika di Guinea Ekuatorial dan Gabon

Thursday, January 12, 2012

Share this history on :

Share/Bookmark
Tingkah-polah suporter Guinea saat mendukung negaranya bertanding/AP PhotoTingkah-polah suporter Guinea saat mendukung negaranya bertanding/AP Photo

Setelah Afrika Selatan, kini giliran Guinea Ekuatorial dan Gabon yang akan menyedot perhatian dunia. Pesta sepakbola Afrika akan diselenggarakan di dua negara tersebut. Magisnya Benua Hitam belum apa-apa sudah memunculkan kejutan. Mesir, Kamerun, dan Nigeria tak lolos kualifikasi.

Piala Afrika 2012 yang memiliki nama resmi Orange Africa Cup of Nations 2012 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah penyelenggaraan turnamen tersebut akan diselenggarakan di dua negara, Guinea Ekuatorial dan Gabon.

Kedua negara tersebut terletak di Afrika Barat. Mereka bertetangga dengan Kamerun. Ironisnya, The Indomitable Lions tak lolos kualifikasi. Juara empat kali Piala Afrika ini (1984, 1988, 2000, 2002) tersisih oleh Senegal sehingga Samuel Eto’o dkk. hanya menempati peringkat kedua Kualifikasi Grup 5.

Juara tujuh kali Piala Afrika (1957, 1958, 1986, 1998, 2006, 2008, 2010) sekaligus juara bertahan 2010 lalu, Mesir lebih parah lagi. Bukan hanya tidak lolos kualifikasi, mereka bahkan terpuruk di juru kunci Grup 7 di bawah Sierra Leone, Afrika Selatan, dan Niger. Nama terakhir ini akhirnya lolos ke Guinea Ekuatorial dan Gabon.

Sementara Nigeria yang merupakan juara 1980 dan 1994 gagal lolos dari Grup 2 setelah John Obi Mikel dkk. hanya menempati posisi kedua disingkirkan Guinea. Kejutan demi kejutan kualifikasi adalah jaminan serunya gelaran Piala Afrika edisi ke-28 ini.

Guinea Ekuatorial (memiliki luas kira-kira setara Provinsi Jawa Barat) akan membuka tirai kejuaraan saat menggelar partai pembuka menghadapi Libya pada 21 Januari mendatang di Stadion de Bata di kota terbesar negara tersebut, Kota Bata.

Banyak yang tak tahu kekuatan negara yang dilintasi oleh garis khatulistiwa tersebut. Nama termahsyur mungkin Rodolfo Bodipo, striker yang memperkuat Deportivo La Coruna yang juga kapten dari Guinea Ekuatorial.

Otomatis, Gabon (luasnya kira-kira setara Provinsi Kalimantan Timur) akan menutup pesta sepakbola dua tahun tersebut saat menggelar partai final pada 12 Februari mendatang di Stadion Amitie Sino-Gabonaise di Ibukota Gabon, Libreville . Siapa yang akan tampil di partai puncak?

Banyak yang menjagokan Pantai Gading dan Ghana. Melihat kedalaman skuad, mereka bersama Senegal, Maroko, dan Mali memang layak favorit. Hanya saja perlu diingat, Afrika selalu memunculkan magis tersendiri. Yang terkuat belum tentu keluar jadi pemenang.

Namun, sebelum mengira-ngira siapa favorit dalam turnamen tersebut, berikut ini adalah 16 kontestan Piala Afrika 2012:

Grup A: Guinea Ekuatorial, Libya, Senegal, Zambia.

Grup B: Pantai Gading, Sudan, Burkina Faso, Angola.

Grup C: Gabon, Niger, Maroko, Tunisia.

Grup D: Ghana, Botswana, Mali, Guinea.

Perempatfinal:

Juara Grup A vs Runner Up Grup B (Pemenang 1) (4 Februari 2012)

Juara Grup B vs Runner Up Grup A (Pemenang 4) (4/2)

Juara Grup C vs Runner Up Grup D (Pemenang 3) (5/2)

Juara Grup D vs Runner Up Grup C (Pemenang 2) (5/2)

Semifinal

Pemenang 1 vs Pemenang 2 (Pemenang A) (8/2)

Pemenang 3 vs Pemenang 4 (Pemenang B) (8/2)

Posisi Ketiga

Kalah A vs Kalah B (11/2)

Final

Pemenang A vs Pemenang B (12/2)

BACA JUGA YANG LAIN



Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : muhammadridwan384@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...